Museum Negeri Sonobudoyo Unit I di Jalan Trikora No.6 Jogja - Yogyakarta - Master SEO - Yogyakarta memiliki puluhan museum yang menjadi tempat penyimpanan aneka macam jenis kebudayaan, kesenian serta sejarah perjuangan bangsa masa lalu yang terjadi tidak hanya di Yogyakarta tapi juga  terjadi di tanah air.

Salah satu museum yang bisa Anda kunjungi adalah Museum Negeri Sonbudoyo. Museum Negeri Sonobudoyo yang berada dibawah wewenang Dinas Kebudayan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini sebenarnya memiliki 2 tempat yaitu Museum Negeri Sonobudoyo unit I yang berada di Jalan Trikora No.6 Yogyakarta, yang berjarak tak lebih 1 kilometer arah selatan kawasan Malioboro  serta Museum Negeri Sonobudoyo unit II yang berlokasi di Jalan Wijilan Yogyakarta yang berada tak jauh dari Alun-Alun Utara Kraton Yogyakarta ke arah timur.

Sejarah Museum Negeri Sonobudoyo

Di Museum Negeri Sonobudoyo unit I ini, Jogjanews menemui Kepala Seksi Bimbingan Informasi dan Dokumentasi Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Museum Negeri Sonobudoyo, Diah Tutuko Suryadi untuk mendapatkan keterangan mengenai keistimewaan Museum tersebut.

Petanen adalah tempat untuk menghormati Dewi Sri/ Dewi Padi. Biasanya ditempatkan di bilik tengah rumah tradisional Jawa.

“Museum Negeri Sonobudoyo ini didirikan oleh Yayasan Java Institute yang berada di Surakarta pada tahun 1919. Yayasan Java Institute adalah yayasan yang bergerak dalam penemuan kebudayaan-kebudayaan di daerah Jawa, Madura, Bali dan Lombok,” kata Diah Tutuko mengawali keterangannya beberapa waktu lalu Baca Juga Air Terjun Sri Gethuk Jogjakarta.

Museum Negeri Sonobudoyo berdiri berdasarkan keputusan Konggres Java Institute pada tahun 1924 yang memutuskan pendirian sebuah museum di Yogyakarta. Pengerjaan Museum Sonobudoyo diawali tahun 1929 dengan mengumpulkan data kebudayaan dari daerah Jawa, Madura, Bali dan Lombok.yang dilakukaan oleh panitia perencanaan pendirian museum dimana keberadaan panitia tersebut resmi terbentuk pada tahun 1931 dengan anggota antara  lain: Ir.Th. Karsten, P.H.W Sitsen, Kopenberg.

Bangunan Museum Negeri Sonobudoyo menggunakan tanah bekas “ Schauten” tanah hadiah dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan ditandai dengan Candrasengkala “Buta Ngrasa Esthining Lata” yang ditemukan pada tahun 1865 Jawa atau 1934 Masehi.

“Peresmian Museum Negeri Sonobudoyo dilakukan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada hari Rabu Wage tanggal 9 Ruwah 1866 Jawa yang ditandai dengan Candrasengkala “Kayu Winayang Ing Brahmana Budha yang artinya tahun JAwa atau tepatnya tanggal 6 November 1935,” kata Diah Tutuko.

Pada masa pendudukan Jepang, Museum Negeri Sonobudoyo dikelola Bupati Panirdyopati Wiyoto Projo yang pengurusannya diserahkan kepada Kantor Sosial Bagian Pengajaran. Pada jaman kemerdekaan pengelolaan Museum Negeri Sonobudoyo dilakukan Bupati  Utorodyopati Budaya Pratiwa atau jajaran pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta Paket Wisata di Jogja.

Selanjutnya pada  akhir tahun 1974, Museum Negeri Sonobudoyo diserahkan  kepada pemerintah pusat dalam hal ini adalah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang kemudian secara langsung bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal Kebudayaan dengan berlakunya Undang-Undang No.22 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah dan PP. No.25 tahun 2000 tentang kewenangan Pemerintah serta kewenangan Provinsi sebagai perwujudan  dari otonomi daerah. Pada Januari 2001, Museum Negeri Sonobudoyo bergabung pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DIY dan diusulkan menjadi UPTD berdasarkan Perda No.7 tahun 2002 tertanggal 3 Agustus 2002 mengenai pembentukan dan organisasi UPTD dan SK Gubernur No.161 tahun 2002 tertanggal 4 November tahun 2002 mengenai tugas pokok dan fungsi.

Koleksi Museum Negeri Sonobudoyo

Pengunjung bisa mendatangi Museum Negeri Sonobudoyo tiap hari kecuali untuk hari Senin karena pada hari tersebut museum ditutup untuk dilakukan pemeriksaan dan pemeliharaan benda-benda koleksi museum tersebut.

Untuk masuk ke Museum Negeri Sonobudoyo Yogyakarta diberlakukan aturan tiket masuk dengan mendasarkan kepada Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga tiket masuk untuk perorangan dewasa sebesar Rp.3.000,00, rombongan dewasa Rp.2.500,00, perorangan anak-anak sebesar Rp.2.500,00, rombongan anak-anak sebesar Rp.2.000,00 dan untuk wisatawan mancanegara harga tiket masuknya sebesar Rp.5.000,00. Jika pengunjung ingin menyaksikan pagelaran wayang kulit maka harus dipersiapkan tiket  masuk ke ruang bagian pagelaran wayang kulit sebesar Rp.20.000,00 untuk pagelaran wayang singkat selama 2 jam penuh.

Museum Negeri Sonobudoyo memiliki 3 bagian gedung utama yaitu gedung pameran yang tempatnya tepat didepan pintu masuk museum tersebut. Kemudian gedung perpustakaan yang terletak di sisi barat daya gedung pamer dan gedung pagelaran wayang kulit yang berada di sisi timur gedung pamer.

Memasuki gedung pamer Museum Negeri Sonobudoyo, pengunjung akan disambut dengan dua perangkat gamelan lengkap yang masing-masing berasal dari Gamelan Slendro dan Pelog Kyai-Nyai  Riris manis yasan Sri Sultan Hamengku Buwono VI dan Gamela Kyai Mega Mendung dari Kraton Kasepuhan Cirebon.

Seterusnya pengunjung bisa melihat semua bentuk koleksi yang disimpan di Museum Negeri Sonobudoyo ini dengan memasuki bagian dalam gedung pamer yang menjadi tempat penyimpanan sekitar 43. 235 yang terdiri 10 kelompok benda koleksi yaitu:Geologika antara lain berupa fosil kayu, Biologika diantaranya berbentuk kura-kura, Ethnografika berbentuk wadah dan kaligrafi, Arkeologi dalam bentuk genta, Historical dan Heraldika berbentuk senapan laras panjang , Numestika berbentuk Mata Uang China Filologika dalam bentuk naskah Bhima Swarga dan naskah huruf Jawa Macapat, Keramologika berbentuk periuk, Seni Rupa berbentuk wayang beber dan Teknologika dalam bentuk mesin ketik kuno.

Salah seorang wisatawan dari Perancis yang mengunjungi Museum Negeri Sonobudoyo, Michael Bertolini(32)mengatakan, sangat menyukai suasana Museum ini karena tidak hiruk pikuk (sepi). Koleksi-koleksinya juga sangat artistik karena banyak terbuat dari kayu. Namun begitu, pria berdarah Italia ini kesusahan untuk memahami koleksi-koleksi yang dimiliki Museum Negeri Sonobudoyo karena tidak ada buku panduan ataupun leaflet berbahasa Inggris.

“Saya sangat suka di museum ini karena situasi sangat sepi, tidak seperti museum-museum di Eropa yang begitu banyak pengunjung. Baca Juga : Sewa Rental Bus Jogja Tapi saya tidak bisa memahami koleksi-koleksi museum di sini karena tidak ada teks bahasa Inggrisnya,” ujar Michael Bertolini.

Bagian kedua dari Museum Negeri Sonobudoyo adalah gedung perpustakaan. Menurut pengampu naskah di gedung perpustakaan museum, Pardiyono, gedung perpustakaan terbagi dalam 3 tingkat. Tingkat pertama digunakan untuk pengkajian koleksi museum.Tingkat kedua gedung perpustakaan digunakan untuk menyimpan naskah manuskrip dan tingkat tiga adalah perpustakaan.

Koleksi naskah yang ada di bagian perpustakaan Museum Negeri Sonobudoyo berjumlah 1321 naskah yang terdiri dari 2 bentuk naskah yaitu kertas dan lontar. Jumlah naskah yang ditulis pada daun lontar sebanyak 186.Selebihnya adalah naskah yang ditulis di kertas.

“Naskah dalam lontar ini ditulis dalam beberapa bentuk huruf seperti huruf Jawa serta huruf Arab dengan harokat Jawa. Tulisan huruf Jawa yang ada antara lain Jawa kuno, Jawa Tengahan dan Jawa-Bali,”ujar Pardiyono.

Molly Wisata, ahlinya liburan ke Jogja yang bikin seru, asik, dan gampang! Ke Jogja jadi lebih menyenangkan dengan jasa rental bus Jogja, rental Hiace Jogja murah istimewa, dan rental Elf Jogja terbaik dan lengkap! Persiapkan dirimu untuk petualangan tak terlupakan di Jogja, bro! Molly Wisata siap menghadirkan liburan yang seru dan asik ke Jogja dengan rental bus Jogja yang terjangkau! Bus-nya nyaman banget buat jalan-jalan seru bersama teman-teman atau keluarga.

Harganya pun bersahabat dengan kantong, jadi liburanmu tetap hemat tapi tetap seru. Gak perlu khawatirin biaya! Buat kamu yang ingin budget terjaga, rental Hiace Jogja dari Molly Wisata jawaranya! Hiace-nya murah tapi tetap istimewa. Perjalananmu jadi makin seru dengan harga yang terjangkau. Dijamin pengalaman liburanmu tetap memuaskan tanpa merogoh kocek yang dalam. Hemat tapi bikin seru!

Gak mau kalah seru, rental Elf Jogja dari Molly Wisata siap menemanimu menjelajahi Jogja dengan harga yang terbaik! Elf-nya juara, muat banyak orang dengan nyaman. Dengan harga yang bersahabat, liburanmu jadi makin seru dan tak terlupakan.

Hemat tapi tetap terjamin kualitasnya! Molly Wisata adalah solusi terbaik buat rental bus Jogja, rental Hiace Jogja murah istimewa, dan rental Elf Jogja terlengkap! Liburan ke Jogja jadi seru, asik, dan terjangkau dengan pilihan mereka! Langsung aja pilih Molly Wisata dan nikmati liburan ke Jogja tanpa khawatirin budget! #MollyWisataKeJogja #RentalMurahIstimewa #ElfTerbaikJogja #LiburanSeruHemat

Link:
https://mollyrentcar.com/jogja/rental-bus-jogja/
https://mollyrentcar.com/jogja/rental-hiace-jogja/
https://mollyrentcar.com/jogja/rental-elf-jogja/

Baca Juga: Paket Wisata Murah Jogja Murah Terbaik Rental Mobil Murah Jakarta Murah Terlengkap Wisata Jakarta Untuk Liburan, Gathering, Dan Pariwisata

arrow
arrow

    sigit12 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()